RPS PPB


cover

Profil Mata Kuliah

Mata kuliah Perancangan Proses Bisnis adalah mata kuliah tingkat 3. Dalam Mata Kuliah ini dipelajari pendekatan sistem dalam melihat proses bisnis, evolusi perancangan dan perbaikan proses bisnis, konsep proses bisnis, pemodelan dan dokumentasi proses, kriteria kinerja (ukuran atau indikator) keberhasilan proses bisnis yang meliputi efisiensi, efektifitas, dan adaptabilitas. Dalam mata kuliah ini, penggunaan (pendekatan) teknologi informasi digunakan dalam pemodelan dan perancangan proses dengan memanfaatkan BPMN/Visio/Joged Workflow atau aplikasi sejenis. Kemampuan akhir yang diharapkan adalah disamping mahasiswa memahami proses bisnis dalam perspektif sistem, dapat juga melakukan analisis dan perancangan proses bisnsi dengan memperhatikan kriteria keberhasilan proses bisnis. Perancangan proses bisnis dilakukan dalam rangka perbaikan proses bisnis atau dapat juga dilakukan dalam rangka rekayasa ulang proses bisnis. Hasil rancangan harus dapat dipresentasikan secara berkelompok. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan proses diantaranya adalah Business Process ImprovementBusiness Process Reengineering, atau Business Process Benchmarking.

Relevansi Mata Kuliah

  1. Mata Kuliah ini digunakan oleh process owner atau process architect dalam merancang proses bisnis di instansi masing-masing maupun melalui jasa konsultasi.
  2. Mata Kuliah ini dapat digunakan untuk memenuhi requirement ISO 9001 2015 Klausul 4.4

Keterkatian MK Dengan MK Lain

Mata kuliah ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah Perancangan Sistem Manajemen Mutu (PSMM). Perancangan proses merupakan dasar bagi PSMM yang merupakan sistem manajemen berbasis pendekatan proses. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah design yang akan memperkaya mata kuliah Tugas Akhir.

Peta Capaian Belajar, Peta Materi, dan Penilaian

Rencana Pembelajaran (Blended dan Jarak Jauh)

Mata kuliah ini diselenggarakan dengan mode kelas reguler, kelas blended, atau melalui kelas jarak jauh (PJJ)/ fully online learning.  Agar bisa mengikuti perkuliahan secara optimal, diharapkan students mengikuti rancangan pembelajaran MK sebagai berikut.

  1. Rencana Pembelajaran untuk students mode Reguler (Flip Classroom): Lihat RPS Mode Reguler
  2. Rencana Pembelajaran untuk students mode Pembelajar Jarak Jauh (PJJ): Lihat RPS Mode PJJ (Full Online)
  3. Rencana Pembelajaran untuk students mode Blended Learning. Rancangan blended learning adalah mengganti pertemuan tertentu pada mode reguler dengan mode online learning (PJJ).

 

Best Practice Mata Kuliah (MK)

 

Proses merupakan sistem abstrak, sehingga untuk memahaminya dibutuhkan pengulangan dalam belajar. Disamping itu, untuk lebih memudahkan dalam belajar, delivery pembelajaran dilakukan dengan memberikan contoh dari setiap ide atau konsep yang diajarakan. Penugasan dalam mata kuliah ini perlu dibimbing dengan template tugas untuk mengarahkan berpikir mahasiswa dan membantu mahasiswa memetakan struktur berpikir tersebut.

Sertifikas Berkaiatan Dengan MK

 

 

Mata kuliah tidak berkaitan langsung dengan sertifikasi tertentu. Mata kuliah ini dapat mendukung perusahaan dalam memodelkan proses bisnis guna mendukung implementasi sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001.

Referensi

  1. ABPMP (2013), Business Process Management Common Body of Knowledge (BPMCBOK) Version 3.0, ABPMP Internationa
  2. Susan Page (2010), The Power of Business Process Improvement –  10 Step to Increase Effectiveness, Efficiency, and Adaptability, New York : Amacom.
  3. Manuel Laguna, Johan Marklund (2013), Business Process Modelling, Simualtion, and Design. New Delhi : Pearson
  4. Rosing, Scheer, Scheel (2015), The Complete Business Process Handbook Body of Knowledge from Process Modeling to BPM Volume 1, Amsterdam, Elsevier.
  5. Arthur R.Tenner, Irving J. DeToro, “Process Redesign”, Engineering Process Improvement
  6. Harrington, H.J. (1991) “Business Process Improvement”, New York : McGraw-Hill, Inc
  7. Mike Rother, Jhon Sook, (1999) Learning to See – Value Stream Mapping to Create Value and Eliminate Muda, Brooklyn: BCIT Library

Tim Dosen Pengampu

Mata kuliah ini dikelola oleh kelompok Dosen yang tergabung dalam Keprofesian Quality System Engineering (QSE) yang terdiri dari

 
Wiyono Ir., M.T.   Sri Widaningrum Ir., M.T. Heriyono Lalu S.T., M.T. Marina Yustiana L. Ir., M.Si.
,

Leave a Reply